Salmonellosis

[Cacon’s Smart Hour]Salmonellosis

Apa itu salmonellosis?
Salmonellosis adalah penyakit yang timbul akibat infeksi bakteri Salmonella di dalam perut dan usus. Penyakit ini mirip dengan gastritis. Sebagian besar pasien dengan infeksi ringan akan sembuh dalam waktu 4-7 hari tanpa pengobatan. Penularan dapat terjadi ketika orang makan makanan yang terkontaminasi bakteri (seperti makan di restoran yang sama). Beberapa orang dengan diare akut dirawat di rumah sakit untuk diinfus dan memperoleh antibiotik.

Seberapa umumkah salmonellosis?
Sebagian besar pasien Salmonellosis hidup dalam kondisi lingkungan yang miskin, berpolusi, terkontaminasi, dan penuh bakteri. Oleh karena itu, kualitas kebersihan makanan dapat meningkatkan risiko makanan beracun dan infeksi lainnya. Selain itu, Anda juga berisiko tinggi terkena Salmonellosis jika Anda melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.
Selanjutnya, anak-anak, orang tua serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih mungkin untuk menderita Salmonellosis. Tingkat penderita Salmonellosis di negara berkembang jauh lebih tinggi dibandingkan di negara maju.

Apa saja tanda-tanda dan gejala salmonellosis?
Gejala utamanya adalah diare. Gejala bisa saja ringan, seperti mencret 2-3 kali per hari. Gejala juga dapat disertai dengan diare parah setiap 10 atau 15 menit. Ada pula sejumlah gejala lain seperti tinja yang disertai darah, kram perut, muntah, demam dan sakit kepala.
Kemungkinan terdapat beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai gejala di atas, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Apa penyebab salmonellosis?
Anda dapat terinfeksi Salmonellosis melalui makanan, terutama telur, daging sapi, daging unggas, buah-buahan, air atau susu yang terkontaminasi. Makanan yang dimasak dapat mengurangi risiko terinfeksi, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan risiko infeksi. Salmonellosis dapat menular dari satu individu ke individu lain jika tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Salmonellosis juga dapat berpindah dari hewan peliharaan ke manusia, misalnya kura-kura dan iguana.







Related Articles

0 comments:

Posting Komentar