Sanitasi Hotel

[Cacon’s Smart Hour]

Sanitasi Hotel

Apa itu Sanitasi Hotel?
Persyaratan Kesehatan Hotel diatur dalam Permenkes RI Nomor 80/Menkes/PER/II/1990 (beserta keputusan Dirjen PPM & PL pendukung).
Hotel mempunyai potensi untuk terjadi penyebaran/penularan penyakit maupun terjadinya kecelakaan bila tidak mendapat pengawasan yang memadai dalam hal sanitasinya. Hotel yang saniter akan sangat menunjang dalam memberikan kepuasan kepada para pengunjungnya.

Sanitasi Hotel mempunyai 2 peranan penting, yaitu :
1. Peranan Phisik
Sanitasi diharapkan dapat memberikan jaminan kebersihan secara umum, baik di luar maupun di dalam bangunan hotel.Kebersihan disini meliputi : kebersihan ruangan-ruangan, kebersihan air, kebersihan makanan-minuman, fasilitas hotel termasuk fasilitas sanitasi, serta bebas dari gangguan serangga dan binatang pengerat (tikus).
2. Peranan Psikologis
Peranan sanitasi hotel di sini adalah dapat menjamin rasa kepuasan dari para tamu/ pengunjung hotel tersebut maupun para karyawan/pengelola hotel.

Apa Saja Manfaat Sanitasi Hotel ?
- Menjamin lingkungan kerja yang saniter
- Melindungi tamu maupun karyawan hotel dari gangguan faktor lingkungan yang merugikan kesehatan fisik maupun mental
- Mencegah terjadinya penularan penyakit dan penyakit akibat kerja
- Mencegah terjadinya kecelakaan.

Sasaran Sanitasi Hotel.
Pada umumnya sasaran sanitasi hotel menyangkut dua hal yaitu sanitasi “lodging” dan sanitasi “catering”.Sanitasi “Lodging” adalah pengawasan sanitasi yang menyangkut urusan kerumahtanggaan (house keeping) hotel, yang meliputi bangunan dan fasilitasnya. Sanitasi “Catering”. Catering dalam kegiatan hotel adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan makanan yang diolah dan dihidangkan dalam sebuah hotel.







Related Articles

0 comments:

Posting Komentar