Sanitasi Perumahan Sehat

Apa itu Sanitasi Perumahan Sehat? 

Sanitasi lingkungan adalah Status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya (Notoadmojo, 2003). Berarti sanitasi adalah suatu usaha pengendalian faktor-faktor lingkungan guna untuk mencegah timbulnya suatu penyakit dan penularan yang disebabkan oleh fektor lingkunagn tersebut, sehingga derajat kesehatan dapat optimal ( Depkes RI, 2002 ).

Perumahan Sehat

Rumah merupakan tempat beristirahat, berlindung dan menyimpan harta benda secara aman dan tenang. Oleh karena itu menpunyai berbagai fungsi maka rumah haruslah memenuhi persyratan kesehatan dan juga tidak bertentangan dengan peraturan yang ada, karena rumah mempunyai hubungan yang erat dengan penghuninya. Dimana rumah dengan kondisi yang buruk akan member pengaruh yang buruk pula kepada penghuninya.

Adapun kriteria rumah sehat adalah (Depkes RI 2002)
1. Memenuhi kebutuhan fisilogi antar lain pencahayaan, penghawaan dan ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisinga yang mengganggu.
2. Memenuhi kebutuhan psikologis antara lain Privacy yang cukup, komunikasi yang sehat antara anggota keluarga dan penghuni rumah.
3. Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyedian air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas vector penyakit dan tikus, kepadatan penghuni yang tidak berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran, disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup.
Rumah yang sehat harus mempunyai fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
1. Penyediaan air bersih yang cukup
2. Pembuangan Tinja
3. Pembuangan air limbah (air bekas)
4. Pembuangan sampah
5. Fasilitas dapur ruang berkumpul keluarga







Related Articles

0 comments:

Posting Komentar