Pengolahan Air Bersih

[Cacon’s Smart Hour]

Pengolahan Air Bersih

Apa itu Pengolahan Air Bersih?

Pengolahan air bersih atau pretreatment (pengolahan awal) merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam menghasilkan air bersih maupun air minum. Tirta Mandiri merancang sistem pengolahan air bersih terpadu yang ekonomis dan tepat guna. Media yang dipakai untuk pengolahan air bersih disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan kami, dari Media lokal sampai media impor yang dipakai untuk menghasilkan air dengan kualitas terbaik.

Ada 7 Proses Pengolahan Air Bersih, Apa saja?

Pertama, tahap intake
Tahapan pertama yang dilakukan biasanya adalah intake. Pada tahapan ini dibutuhkan atau dibuat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat penampungan air yang berasal dari sumber air dengan debit yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. Debit ini nanti akan disesuaikan juga dengan pengolahan air bersih secara menyeluruh.

Kedua, menara air baku
Menara air baku memiliki fungsi yang sangat baik untuk mengatur laju air dan ketinggian dari permukaan. Di mana nantinya akan terlihat konstan dan nantinya akan terjadi proses koagulasi, pengendapan dan yang lainnya.

Ketiga, clarifier
Di sinilah terjadi proses koagulasi. Dalam proses ini dibuanglah kotoran-kotoran dengan cara sedimentasi atau pengendapan. Pembuangan kotoran ini dilakukan melalui pipa yang berfungsi sebagai saluran pembuangan.

Keempat, rapid mixing atau pengaduk cepat
Fungsinya sebagai pencampur bahan koagulan yang digunakan dengan air yang dijadikan sebagai air baku yang akan disaring.

Kelima, slow mixing atau pengadukan yang lebih lambat
Pada bagian ini, pengadukan dilakukan dengan tempo yang lambat dengan tujuan mendapatkan flok yang lebih besar dan stabil. Pada tahapan ini, kontaminan akan lebih mudah diendapkan.

Keenam, filtrasi
Pada bagian ini, butiran yang kecil sekalipun akan diendapkan kemudian dibuang sehingga dihasilkan air yang lebih bersih. 

Ketujuh, reservoir
Dalam tahapan proses pengolahan air bersih dan filtrasi penyaring air ada tahap yang disebut reservoir. Dalam tahapan ini air sudah bersih dan ditampung dalam sebuah wadah.


Sumber:






Related Articles

0 comments:

Posting Komentar