Limbah Industri Keramik

[Cacon’s Smart Hour]

Limbah Industri Keramik

Pemanfaatan Limbah tegel Keramik

Limbah tegel keramik sortiran dari pabrik maupun dari bongkaran bangunan sangat mengganggu lingkungan baik tertimbun maupun tidak tertimbun didalam tanah.Bagaimana memanfaatkan limbah tersebut agar bermanfaat bagi manusia, tentu saja tidak mudah mendapatkan jawabannya, sebagai alternatif limbah tegel keramik dimanfaatkan untuk bahan campuran beton. 
Yang dimaksud dengan limbah tegel keramik disini adalah tegel keramik yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya akibat ketidak sempurna dan tidak sesuai dengan standar, tegel yang mengalami kerusakan sehingga menjadi barang sortiran, tegel bongkaran yang sering terjadi karena berubahnya fungsi ruang atau bagunan lama menjadi baru dan lain lain. Limbah tegel keramik tersebut biasanya dibuang begitu saja tanpa mempertimbangkan efek yang akan terjadi di lingkungan sekitar, walaupun pembuangannya di lokasi yang memang telah disediakan untuknya seperti untuk urugan atau peninggian tanah bangunan. 

Dari hasil pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa limbah tegel keramik dapat digunakan sebagai campuran beton setelah dikondisikan seperti pasir. Beton yang dihasilkan bisa dikatagorikan beton struktur sederhana dengan kekuatan sedang atau setara dengan beton mutu K 125-K 175 yang mana hasil akhir dari pembuatan beton juga ditentukan oleh faktor pelaksanaan dan perawatannya, beton tersebut bisa digunakan untuk pembetonan rumah tinggal maksimal lantai 2 atau rumah bertingkat 1, disamping manfaat tersebut juga diyakini dapat membantu mengatasi PENCEMARAN LINGKUNGANutamanya pada lahan pertanian.








Related Articles

0 comments:

Posting Komentar